Aprilia, Yusli (2022) inovasi layanan. Masters (S2) thesis, Unmerpasuruan.
Text
ALL-SKRIPSI-DATA-98d725a0f55f175686fa002c14f34723.pdf Download (9MB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan atas dasar perkembangan e-commerce (perdagangan elektronik) yang melahirkan aplikasi live chat. Aplikasi live chat pada awal mulanya digunakan untuk layanan pendukung dalam bisnis jual beli toko online. Di tahun 2017, Perpustakaan Universitas Negeri Malang menerapkan layanan live chat sebagai pendukung layanan referensi. Cara kerja yang digunakan sama yaitu dengan menyematkan ruang obrolan kedalam website perpustakaan yang nantinya dapat digunakan pemustaka untuk mengajukan pertanyaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana penerapan layanan live chat di Perpustakaan Universitas Negeri Malang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Adapun fokus dalam penelitian ini mengacu pada penerapan layanan live chat sebagai layanan referensi di Perpustakaan Universitas Negeri Malang. Fokus-fokus tersebut diantaranya adalah volume chat, missed chats & offline massages, first response time dan user satisfaction. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan live chat sebagai pendukung layanan referensi di UPT Perpustakaan Universitas Negeri Malang dikatakan baik meskipun belum optimal. Layanan live chat merupakan wadah yang disediakan pihak Perpustakaan Universitas Negeri Malang untuk menampung pertanyaan terkait layanan informasi mulai dari layanan referensi, layanan keanggotaan, layanan serial, dan sebagainya. Pelayanan dilakukan pada jam operasional perpustakaan yaitu pukul 08.00-16.00 WIB. Pelayanan dilakukan oleh satu admin yang merupakan seorang dosen dan staff TI Perpustakaan Universitas Negeri Malang. Jika ada pesan masuk diatas jam operasional dan offline, maka pesan tidak dibalas oleh admin. Offline massages terjadi apabila admin sedang mengajar, sholat, dan rapat. Faktor pendukung dalam layanan ini adalah kemudahan akses dan aplikasi yang digunakan tidak berbayar. Sedangkan faktor penghambatnya adalah kurangnya admin dan sumber daya manusia (SDM). Kata Kunci: Live Chat, Layanan Perpustakaan, Layanan Referensi Virtual, Layanan Pengguna, Perpustakaan Perguruan Tinggi
Item Type: | Thesis (Masters (S2)) |
---|---|
Subjects: | L Education > LT Textbooks |
Divisions: | Perpustakaan |
Depositing User: | Admin Unmerpas |
Date Deposited: | 27 Dec 2022 03:36 |
Last Modified: | 27 Dec 2022 03:36 |
URI: | http://repository.unmerpas.ac.id/id/eprint/216 |
Actions (login required)
View Item |