Sukma, Alfifa Nabila (2023) Pengaruh kualitas pelayanan dan kompetensi terhadap kepuasan pasien di Puskesmas Pohjentrek Kabupaten Pasuruan. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Merdeka Pasuruan.
Text
COVER.pdf Download (310kB) |
|
Text
BAB-I.pdf Download (213kB) |
|
Text
BAB-II.pdf Restricted to Repository staff only Download (390kB) |
|
Text
BAB-III.pdf Restricted to Repository staff only Download (461kB) |
|
Text
BAB-IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (513kB) |
|
Text
BAB-V.pdf Restricted to Repository staff only Download (43kB) |
|
Text
DAFTAR-PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (159kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Masalah Kesehatan kini menjadi maslah yang penting bagi masyarakat. Dalam hal Kesehatan Puskesmas merupakan tempat masyarakat mendapatkan Kesehatan terdekat dan paling mudah dijangkau. Hal ini menuntut pihak penyedia jasa pelayanan Kesehatan seperti puskesmas untuk meningkatkan kualitas pelayanan yang lebih baik. Tidak hanya dalam bentuk pelayanan yang bersifat penyebuhan penyakit tetapi juga pelayana dalam berinteraksi antar petugas dan pasien. Peneliti ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan kompetensi terhadap kepuasan pasien di Puskesmas Pohjentrek dengan menggunakan teknik accidental sampling yaitu siapa saja yang secara kebetulan bertemu dengan peneliti dan bersedia meluangkan waktunya pada saat penelitian berlangsung yang sesuai dengan karakteristik dengan metode rumus hair et.,al dengan jumlah sempel sebanyak 75 responden. Analisis yang digunakan adalah Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Analisis Deskripsi, Uji Asumsi Klasik, Analisis Regresi Linier Berganda dan Analisis Koefisien Determinan. Hasil 1) Kualitas pelayanan dan kompetensi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas pelayanan di Puskesmas Pohjentek. Berdasarkan hasil analisis data memiliki pertanyaan 100% valid pada setiap variabel.secara simultan berpengaruh terhadap kepuasan pasien di Puskesmas Pohjentrek, dimana mendapatkan nilai kontribusi sebesar 54,7% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel diluar penelitian. 2) Kualitas pelayanan tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien di Puskesmas Pohjentrek. Hal yang membuat kualitas pelayanan tidak simultan terdapat pada indikator responsiveness ( daya tanggap). Dimana pasien lebih banyak memilih jawaban STS, TS dan KS dibandingkan indikator lainnya, dikarenakan kurangnya petugas untuk membantu pada saat pasien sedang bingung 3) Kompetensi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas pelayanan di Puskesmas Pohjentrek. Hal ini dapat diketahui berdasarkan hasil uji t yang mana nilai Thitung yaitu 7,624 dengan nilai sig 0,000 < 0,05. Pasien merasa lebih puas pelayanan dengan kompetensi dari petugas medis maupun non medis meliputi cara pelayanan yang cepat, efisien dan arahan baik, petugas yang melayani dengan teliti dan sopan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kualitas pelayanan, kompetensi, kepuasan pasien |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Manajemen |
Depositing User: | Perpustakaan Unmer Pasuruan |
Date Deposited: | 17 Nov 2023 01:50 |
Last Modified: | 17 Nov 2023 01:50 |
URI: | http://repository.unmerpas.ac.id/id/eprint/534 |
Actions (login required)
View Item |