Maulana, Muhammad Aqshal (2025) Pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap loyalitas konsumen pada Warung Lalapan Cak ‘Eb Kota Pasuruan dengan kepuasan konsumen sebagai variabel intervening. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Merdeka Pasuruan.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (896kB) |
![]() |
Text
BAB-I.pdf Download (172kB) |
![]() |
Text
BAB-II.pdf Restricted to Repository staff only Download (212kB) |
![]() |
Text
BAB-III.pdf Restricted to Repository staff only Download (224kB) |
![]() |
Text
BAB-IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (968kB) |
![]() |
Text
BAB-V.pdf Restricted to Repository staff only Download (113kB) |
![]() |
Text
DAFTAR-PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (107kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap loyalitas konsumen pada Warung lalapan Cak ‘Eb Kota Pasuruan dengan Kepuasan Konsumen sebagai Variabel Intervening secara parsial dan simultan. Populasi yang dipilih dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang berdomisili di wilayah Pasuruan Raya dan pernah membeli dan makan di Warung Lalapan Cak 'Eb Kota Pasuruan. Teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling, dan ditentukan jumlah sampel sebanyak 85 sampel dengan kriteria berdomisili di wilayah Pasuruan Raya, pernah membeli dan makan di Warung Lalapan Cak 'Eb sebanyak minimal 2 kali, dan pernah merekomendasikan Warung Lalapan Cak ‘Eb kepada orang lain. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan dan harga secara parsial maupun simultan mempengaruhi kepuasan konsumen dan loyalitas konsumen. Kepuasan konsumen juga mampu memediasi kualitas pelayanan dan harga terhadap loyalitas konsumen. Kualitas pelayanan memiliki pengaruh yang lebih besar terhadap kepuasan konsumen dan loyalitas konsumen dibandingkan harga. Hasil tersebut menunjukkan bahwa konsumen merasa lebih puas ketika mereka menerima pelayanan yang diberikan pihak Warung Lalapan Cak ‘Eb, seperti metode semi self service, kenyamanan tempat, kerapian karyawan, hingga kesopanan karyawan terhadap konsumen. Meskipun bagi beberapa konsumen menganggap masih ada beberapa kekurangan dalam hal pelayanan seperti kesusahan dalam mencari tempat makan yang tersedia, karena masih saja terdapat alat makan bekas pengunjung sebelumnya yang tidak langsung dibersihkan. Selain itu, harga yang ditawarkan juga dinilai cukup baik oleh konsumen, dengan adanya strategi harga per gram dan ambil nasi sepuasnya juga menjadi daya tarik konsumen terhadap Warung Lalapan Cak ‘Eb. Variabel itulah yang membuat konsumen mendapatkan kepuasan hingga terbentuk loyalitas konsumen.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kualitas Pelayanan, Harga, Kepuasan Konsumen, Loyalitas Konsumen |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Manajemen |
Depositing User: | Perpustakaan Unmer Pasuruan |
Date Deposited: | 06 Feb 2025 02:40 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 02:40 |
URI: | http://repository.unmerpas.ac.id/id/eprint/752 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |