Analisis pengaruh penerapan Standar Operasional Prosedur (SOP) terhadap kualitas layanan publik di PDAM Wilayah Bangil, Kabupaten Pasuruan

Putri, Hardyanti Eka (2025) Analisis pengaruh penerapan Standar Operasional Prosedur (SOP) terhadap kualitas layanan publik di PDAM Wilayah Bangil, Kabupaten Pasuruan. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Merdeka Pasuruan.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB-I.pdf

Download (329kB)
[img] Text
BAB-II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (390kB)
[img] Text
BAB-III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (480kB)
[img] Text
BAB-IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (734kB)
[img] Text
BAB-V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (317kB)
[img] Text
DAFTAR-PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (301kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pelayanan publik di PDAM Wilayah Bangil, Kabupaten Pasuruan masih menghadapi keluhan pelanggan, meskipun telah diterapkan Standar Operasional Prosedur (SOP) secara administratif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan SOP menyeluruh terhadap kualitas layanan publik di PDAM Wilayah Bangil, Kabupaten Pasuruan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode non-probability sampling dengan teknik purposive sampling dalam pengumpulan data. Penelitian ini dilakukan terhadap 98 responden pelanggan PDAM Wilayah Bangil dengan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data. Analisis data menggunakan uji regresi linier sederhana melalui bantuan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SOP berpengaruh signifikan terhadap kualitas layanan, ditunjukkan dengan nilai signifikansi 0,000 dan koefisien regresi sebesar 0,490. Nilai R Square sebesar 0,392 menunjukkan bahwa sebesar 39,2% kualitas layanan dipengaruhi oleh SOP, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Dari pembahasan tersebut, disimpulkan bahwa SOP memiliki peran penting dalam mendukung kualitas layanan, sehingga sangat berpengaruh terhadap berkembangnya kualitas pelayanan meskipun aspek lain juga perlu diperhatikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Standar Operasional Prosedur, Kualitas Layanan
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Perpustakaan Unmer Pasuruan
Date Deposited: 07 Aug 2025 04:49
Last Modified: 07 Aug 2025 04:49
URI: http://repository.unmerpas.ac.id/id/eprint/818

Actions (login required)

View Item View Item