Pengaruh kualitas pelayanan dan fasilitas terhadap kepuasan pelanggan pada klinik al ma’unah Kota Pasuruan

Anjani, Aura Najma (2025) Pengaruh kualitas pelayanan dan fasilitas terhadap kepuasan pelanggan pada klinik al ma’unah Kota Pasuruan. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Merdeka Pasuruan.

[img] Text
COVER.pdf

Download (535kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (171kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (326kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (373kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (709kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (163kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (169kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kualitas layanan dan fasilitas merupakan dua elemen krusial yang secara langsung membentuk persepsi dan pengalaman pelanggan dalam menerima layanan kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kedua variabel tersebut terhadap tingkat kepuasan pelanggan di Klinik Al Ma’unah Kota Pasuruan. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik survei, melalui penyebaran kuesioner kepada 60 responden yang dipilih secara purposive. Hasil regresi linier berganda menunjukkan bahwa kualitas layanan dan fasilitas secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan (Fhitung 21,986; sig. 0,000). Secara parsial, kualitas layanan (thitung 4,361; sig. 0,000) dan fasilitas (thitung 2,175; sig. 0,034) juga terbukti memberikan kontribusi signifikan. Nilai koefisien determinasi (R²) sebesar 0,267 menunjukkan bahwa 26,7% variasi kepuasan pelanggan dapat dijelaskan oleh kualitas pelayanan dan fasilitas, sedangkan 73,3% sisanya dijelaskan oleh faktor lain di luar penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, Fasilitas, Kepuasan Pelanggan, Klinik, Regresi Linier
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Perpustakaan Unmer Pasuruan
Date Deposited: 29 Sep 2025 01:45
Last Modified: 29 Sep 2025 01:45
URI: http://repository.unmerpas.ac.id/id/eprint/892

Actions (login required)

View Item View Item