Perlindungan hukum bagi penumpang angkutan orang terkait dengan standar pelayanan

Khotijah, Siti (2025) Perlindungan hukum bagi penumpang angkutan orang terkait dengan standar pelayanan. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Merdeka Pasuruan.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (288kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (514kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (291kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (355kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (445kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (251kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Perlindungan hukum bagi penumpang bus pariwisata dengan menggunskan standar pelayanan minimal sangat diperlukan, agar pengangkutan dapat berjalan dengan lancar dan tertib. Salah satu peraturan yang dapat melindungi penumpang yaitu dengan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Namun yang terjadi belakangan ini menunjukkan adanya tantangan serius terkait aspek keselamatan, terutama yag disebabkan oleh faktor manusia karena kelalaian seperti mengantuk saat mengemudi. Pihak jasa angkutan bus pariwisata sering memberikan pelayanan yang minim, sehingga menimbulkan kerugian bagi penumpang bahkan dapat beresiko kecelakaan. Berdasarkan latar belakang yang dikemukakan di atas, maka penulis menyusun penulisan hukum yang akan membahas perlindungan hukum bagi penumpang bus pariwisata terkait dengan standar pelayanan sesuai dengan Undang- Undang Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan dan peraturan terkait lainnya. Perumusan masalah yang kedua yaitu tujuan hukum yang hendak dicapai bagi penumpang bus pariwisata terkait dengan standar pelayanan. Metode yang digunakan dalam penulisan hukum ini adalah yuridis normatif dengan menggunakan data sekunder berupa Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan dan peraturan terkait lainnya dengan menggunakan uraian deskriptif analisis. Berdasarkan hasil penelitian, perlindungan hukum bagi penumpang bus pariwisata belum sepenuhnya terpenuhi. Penumpang kerap kali merasa takut atau tidak nyaman saat proses beroperasi karena mengingat dengan kondisi pengemudi yang mengantuk yang dapat merugikan keselamatan penumpang sehingga dapat beresiko kecelakaan. Melihat hal tersebut, terdapat perlindungan hukum yang dapat ditempuh penumpang yang merasa dirugikan meliputi tuntutan ganti rugi kepada pihak yang bertanggung jawab atas hal tersebut. Ada hal yang dibenahi oleh pihak jasa angkutan bahkan pemerintah agar dalam pelayanan lebih maksimal sehingga penumpang terjamin akan keselamatannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Perlindungan Hukum, Angkutan Orang, Standar Pelayanan
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > School of Law
Depositing User: Perpustakaan Unmer Pasuruan
Date Deposited: 20 Nov 2025 05:57
Last Modified: 20 Nov 2025 05:57
URI: http://repository.unmerpas.ac.id/id/eprint/919

Actions (login required)

View Item View Item