Pengaruh lokasi, kesadaran merek dan gaya hidup terhadap keputusan pembelian Pusat Tas Murah Pasuruan pada Generasi Z di Pasuruan Raya

Zannah, Firdatul (2023) Pengaruh lokasi, kesadaran merek dan gaya hidup terhadap keputusan pembelian Pusat Tas Murah Pasuruan pada Generasi Z di Pasuruan Raya. Other thesis, Universitas Merdeka Pasuruan.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB-I.pdf

Download (188kB)
[img] Text
BAB-II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (341kB)
[img] Text
BAB-III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (352kB)
[img] Text
BAB-IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (716kB)
[img] Text
BAB-V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (215kB)
[img] Text
DAFTAR-PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (134kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (914kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menguji apakah lokasi berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Kedua penelitian ini menguji apakah kesadaran merek berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Ketiga, penelitian ini menguji apakah gaya hidup berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Objek penelitian ini adalah toko Pusat Tas Murah Pasuruan pada generasi Z di Pasuruan Raya yang bergerak di bidang tas fashion wanita baik secara online maupun offline. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menentukan keputusan pembelian yang dipengaruhi oleh lokasi, kesadaran merek dan gaya hidup. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan analisis regresi berganda dan menggunakan kuisioner untuk mendapat data dari responden. Sampel penelitian ini adalah: merupakan konsumen akhir asal Pasuruan Raya yang pernah berkunjung ke PTMP, kisaran usia 11- 26 tahun dan pembelian untuk kepentingan pribadi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan regresi linear berganda. Nilai koefisiensi determinasi sebesar 83,1% sedangkan sisanya 16,9% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian ini. Hasil pengujian hipotesis yang telah dilakukan menunjukkan bahwa: 1) lokasi, kesadaran merek dan gaya hidup berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, 2) lokasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, 3) kesadaran merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, 4) gaya hidup berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Saran dari penulis kepada pihak perusahaan dari segi lokasi yaitu diharapkan agar lebih meninjau kembali lokasi dan fasilitas yang dimiliki oleh PTMP khususnya pada indikator tempat parkir dimana memiliki nilai rata- rata terendah dari indikator lainnya yaitu: akses, visibilitas dan lalu lintas. Dari segi kesadaran merek yaitu bagaimana cara PTMP dalam membuat konsumen unuk mengingat merek produk ketika ditanya terkait produk tas fashion. Hal yang perlu diperhatikan agar menjadi nilai tersendiri bagi konsumen dalam gaya hidup khususnya pada indikator aktivitas yang memiliki nilai rata- rata terendah daripada indikator lainnya yaitu minat dan pendapat. Dari segi keputusan pembelian hal yang perlu diperhatikan pengusaha tas fashion terutama PTMP dalam keputusan pembelian khususnya pada indikator evaluasi alternatif yang memiliki nilai rata- rata terendah daripada indikator yang lainnya yaitu pengenalan kebutuhan, pencarian informasi, keputusan pembelian dan sikap setelah pembelian. Bagi peneliti selanjutnya dalam bidang yang sama diharapkan dapat mengambil pelajaran sebagai motivasi dan inspirasi dari hasil wawancara dengan pemilik PTMP untuk dijadikan pandangan dalam membuka bisnis baru di masa yang akan datang.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: lokasi, kesadaran merek, gaya hidup, keputusan pembelian
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Perpustakaan Unmer Pasuruan
Date Deposited: 12 Aug 2023 03:16
Last Modified: 12 Aug 2023 03:16
URI: http://repository.unmerpas.ac.id/id/eprint/370

Actions (login required)

View Item View Item