Prayoga, Divo Dwi (2023) Pengaruh kompetensi dan budaya kerja terhadap kinerja guru pada sekolah UPT SD Negeri Bukir Kota Pasuruan. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Merdeka Pasuruan.
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB-I.pdf Download (398kB) |
|
Text
BAB-II.pdf Restricted to Repository staff only Download (538kB) |
|
Text
BAB-III.pdf Restricted to Repository staff only Download (383kB) |
|
Text
BAB-IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (907kB) |
|
Text
BAB-V.pdf Restricted to Repository staff only Download (191kB) |
|
Text
DAFTAR-PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (182kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Undang-Undang Republik Indonesia No. 14 Tahun 2005 menyatakan bahwa “Guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah”. Akibatnya guru guru yang semakin bermutu semakin besar dedikasinya bagi perkembangan diri siswa, dan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Adakah pengaruh kompetensi terhadap kinerja guru, (2) Adakah pengaruh budaya kerja terhadap kinerja guru, (3) Adakah pengaruh kompetensi dan budaya kerja terhadap kinerja guru pada UPT SD Negeri BUKIR Kota Pasuruan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan kualitatif dengan menyebarkan kuesioner dan wawancara. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan accidental sampling dengan jumlah sampel sendiri berjumlah 30 orang. Pengolahan data pada penelitian ini menggunakan SPSS For Windows. Teknik pengujian data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi uji validitas dan uji realibilitas. Alat analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil uji F menunjukkan bahwa F hitung yang lebih besar dari F tabel, sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha diterima, yang berarti kompetensi dan budaya kerja secara bersama-sama berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kinerja guru UPT SD Negeri BUKIR Kota Pasuruan. Hasil uji parsial (uji t) variabel kompetensi diperoleh t hitung lebih besar dari t tabel dengan tingkat signifikansi yang ditunjukkan dibawah dari nilai cronchback alpha yang telah ditentukan, maka Ha diterima. Sedangkan variabel budaya kerja diperoleh t hitung lebih kecil daropada t tabel dan tingkat signifikansi yang ditunjukkan lebih besar dari nilai cronchback alpha yang telah ditentukan, maka Ho diterima. Koefisien determinasi (Adjusted R2 ) sebesar 0,361 yang berarti kompetensi dan budaya kerja mampu menjelaskan besarnya keragaman kinerja guru sebesar 36,1%. Sedangkan sisanya 63,9% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dilibatkan dalam model. Berdasarkan hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa Kompetensi berpengaruh positif terhadap Kinerja Guru, Budaya Kerja berpengaruh negatif terhadap Kinerja Guru.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kompetensi, Budaya Kerja dan Kinerja Guru |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Manajemen |
Depositing User: | Perpustakaan Unmer Pasuruan |
Date Deposited: | 22 Sep 2023 03:17 |
Last Modified: | 22 Sep 2023 03:17 |
URI: | http://repository.unmerpas.ac.id/id/eprint/454 |
Actions (login required)
View Item |