Pengaruh inovasi produk, promosi dan legalitas terhadap keputusan pembelian pada Produk Sakupang (SambalKupang) Binaan Universitas Merdeka Pasuruan

Puspitasari, Putri Diya (2025) Pengaruh inovasi produk, promosi dan legalitas terhadap keputusan pembelian pada Produk Sakupang (SambalKupang) Binaan Universitas Merdeka Pasuruan. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Merdeka Pasuruan.

[img] Text
COVER.pdf

Download (785kB)
[img] Text
BAB_I.pdf

Download (74kB)
[img] Text
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (254kB)
[img] Text
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (270kB)
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (813kB)
[img] Text
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (132kB)
[img] Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (192kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Industri makanan olahan di Indonesia merupakan salah satu sektor ekonomi yang terus berkembang pesat dengan seiring meningkatnya minat masyarakat terhadap produk kuliner inovatif. Salah satu produk yang memiliki potensi besar tetapi belum dikenal luas adalah SAKUPANG (sambal kupang). Namun, kurangnya inovasi sering kali membuat produk baru sulit bersaing di pasar, serta produk Sakupang saat ini hanya mengandalkan stategi promosi yang masih terbatas yang menjadi kurang optimal dalam menjangkau target pasar yang lebih luas. Sehingga kurangnya inovasi produk, strategi promosi yang kurang efektif, dan kelegalitasan produk membuat konsumen menimbang-nimbang untuk melakukan keputusan pembelian. Studi penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan survei. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada 95 responden konsumen produk Sambal Kupang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel inovasi produk memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Hal ini menunjukkan bahwa inovasi produk menjadi hal penting untuk meningkatkan keputusan pembelian konsumen. Variabel promosi juga memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Promosi yang efektif dapat meningkatkan daya tarik produk di mata konsumen. Variabel legalitas memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Hal ini menunjukkan konsumen cenderung mempertimbangkan faktor legalitas, seperti adanya sertifikasi halal dan izin usaha.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Inovasi Produk, Promosi, Legalitas, Keputusan Pembelian, Sambal Kupang
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Perpustakaan Unmer Pasuruan
Date Deposited: 05 Feb 2025 04:04
Last Modified: 05 Feb 2025 04:04
URI: http://repository.unmerpas.ac.id/id/eprint/750

Actions (login required)

View Item View Item