Nafiza, Mila Warda (2025) Pengaruh disiplin kerja dan komunikasi terhadap kinerja pegawai pada Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, Dan Keluarga Berencana Kabupaten Pasuruan. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Merdeka Pasuruan.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (714kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (217kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (325kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (360kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (562kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (203kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (195kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (699kB) |
Abstract
Kinerja pegawai merupakan faktor penting dalam pencapaian tujuan organisasi, yang dipengaruhi oleh kedisiplinan dalam mematuhi aturan serta efektivitas komunikasi antar pegawai maupun dengan pimpinan. Berdasarkan data absensi tahun 2024, ditemukan tingkat keterlambatan yang tinggi yang berpotensi menurunkan kinerja pegawai. Selain itu, hambatan komunikasi seperti kurangnya koordinasi dan perbedaan latar belakang juga menjadi faktor yang memengaruhi pencapaian tugas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh disiplin kerja dan komunikasi terhadap kinerja pegawai pada Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kabupaten Pasuruan. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner. Sampel dalam penelitian ini adalah 67 pegawai yang merupakan total populasi. Analisis data menggunakan regresi linier berganda untuk menguji pengaruh variabel secara simultan dan parsial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa disiplin kerja dan komunikasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai, baik secara simultan maupun parsial. Disiplin kerja memberikan kontribusi dalam meningkatkan tanggung jawab pegawai terhadap tugas, sedangkan komunikasi yang efektif mendorong terciptanya lingkungan kerja yang kondusif. Penelitian ini memberikan implikasi bagi instansi untuk meningkatkan sistem pengawasan kedisiplinan dan memperkuat komunikasi internal guna mendukung optimalisasi kinerja pegawai.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Disiplin Kerja, Komunikasi, Kinerja Pegawai |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Manajemen |
Depositing User: | Perpustakaan Unmer Pasuruan |
Date Deposited: | 05 Aug 2025 01:32 |
Last Modified: | 06 Aug 2025 01:37 |
URI: | http://repository.unmerpas.ac.id/id/eprint/812 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |