Pengaruh daya tarik wisata religius dan sarana prasarana terhadap minat berbelanja di pusat perbelanjaan sekitar Alun-Alun Kota Pasuruan

Husnia, Laili (2025) Pengaruh daya tarik wisata religius dan sarana prasarana terhadap minat berbelanja di pusat perbelanjaan sekitar Alun-Alun Kota Pasuruan. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Merdeka Pasuruan.

[img] Text
COVER.pdf

Download (562kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (275kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (419kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (328kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (748kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (47kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (167kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kawasan Alun-Alun Kota Pasuruan memiliki potensi wisata religi yang tinggi, ditandai dengan meningkatnya kunjungan pada akhir pekan dan hari besar keagamaan. Namun, hal ini belum berdampak signifikan terhadap aktivitas belanja di sekitarnya. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh daya tarik wisata religi dan sarana prasarana terhadap minat berbelanja, khususnya pada destinasi seperti Makam KH. Abdul Hamid.. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan sampel sebanyak 84 responden yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner dan dianalisis melalui regresi linier berganda dengan bantuan SPSS. Hasil uji F menunjukkan bahwa variabel daya tarik wisata religius dan sarana prasarana secara simultan berpengaruh signifikan terhadap minat berbelanja, dengan nilai Fhitung sebesar 69,860 dan signifikansi 0,000 (< 0,05). Nilai koefisien determinasi (R²) sebesar 62,4% menunjukkan kontribusi kedua variabel terhadap variasi minat berbelanja. Secara parsial, daya tarik wisata religius (X1) dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 dan sarana prasarana (X2) juga signifikansi sebesar 0,000, yang berarti kedua variabel tersebut secara independen memberikan kontribusi terhadap minat berbelanja. Temuan ini menggarisbawahi pentingnya penguatan wisata religius dan infrastruktur untuk mendorong peningkatan ekonomi lokal.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Daya Tarik Wisata Religius, Sarana Prasarana, Minat Berbelanja.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Perpustakaan Unmer Pasuruan
Date Deposited: 07 Aug 2025 04:02
Last Modified: 07 Aug 2025 04:02
URI: http://repository.unmerpas.ac.id/id/eprint/816

Actions (login required)

View Item View Item