Putri, Galerien Diansyah Priyantono (2025) Pengaruh mutu layanan dan kelengkapan fasilitas terhadap kepuasan pasien di Puskesmas Kebonsari Kota Pasuruan. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Merdeka Pasuruan.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (192kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (304kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (427kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (762kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (180kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (183kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Puskesmas sebagai fasilitas kesehatan tingkat pertama memiliki peran strategis dalam mendukung program Jaminan Kesehatan Nasional. Namun, dalam praktiknya, masih ditemukan keluhan dari pasien terkait mutu layanan dan kelengkapan fasilitas yang memengaruhi tingkat kepuasan mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh mutu layanan dan kelengkapan fasilitas terhadap kepuasan pasien di Puskesmas Kebonsari Kota Pasuruan. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel simple random sampling, melibatkan 91 responden. Instrumen penelitian berupa kuesioner dan dianalisis menggunakan regresi linier berganda dengan uji validitas, reliabilitas, serta uji asumsi klasik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial maupun simultan, mutu layanan dan kelengkapan fasilitas berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien. Dimensi keandalan, empati, serta ketersediaan fasilitas yang nyaman dan bersih menjadi aspek yang paling berkontribusi dalam meningkatkan kepuasan. Penelitian ini diharapkan menjadi masukan bagi pihak Puskesmas untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan perbaikan fasilitas demi terciptanya pelayanan yang lebih optimal.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Mutu Layanan, Kelengkapan Fasilitas, Kepuasan Pasien, Puskesmas Kebonsari |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Manajemen |
Depositing User: | Perpustakaan Unmer Pasuruan |
Date Deposited: | 08 Aug 2025 03:46 |
Last Modified: | 08 Aug 2025 03:46 |
URI: | http://repository.unmerpas.ac.id/id/eprint/822 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |