Pengaruh mutu layanan dan kelengkapan fasilitas terhadap kepuasan pasien di Puskesmas Kebonsari Kota Pasuruan

Putri, Galerien Diansyah Priyantono (2025) Pengaruh mutu layanan dan kelengkapan fasilitas terhadap kepuasan pasien di Puskesmas Kebonsari Kota Pasuruan. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Merdeka Pasuruan.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (192kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (304kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (427kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (762kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (180kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (183kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Puskesmas sebagai fasilitas kesehatan tingkat pertama memiliki peran strategis dalam mendukung program Jaminan Kesehatan Nasional. Namun, dalam praktiknya, masih ditemukan keluhan dari pasien terkait mutu layanan dan kelengkapan fasilitas yang memengaruhi tingkat kepuasan mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh mutu layanan dan kelengkapan fasilitas terhadap kepuasan pasien di Puskesmas Kebonsari Kota Pasuruan. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel simple random sampling, melibatkan 91 responden. Instrumen penelitian berupa kuesioner dan dianalisis menggunakan regresi linier berganda dengan uji validitas, reliabilitas, serta uji asumsi klasik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial maupun simultan, mutu layanan dan kelengkapan fasilitas berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien. Dimensi keandalan, empati, serta ketersediaan fasilitas yang nyaman dan bersih menjadi aspek yang paling berkontribusi dalam meningkatkan kepuasan. Penelitian ini diharapkan menjadi masukan bagi pihak Puskesmas untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan perbaikan fasilitas demi terciptanya pelayanan yang lebih optimal.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Mutu Layanan, Kelengkapan Fasilitas, Kepuasan Pasien, Puskesmas Kebonsari
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Perpustakaan Unmer Pasuruan
Date Deposited: 08 Aug 2025 03:46
Last Modified: 08 Aug 2025 03:46
URI: http://repository.unmerpas.ac.id/id/eprint/822

Actions (login required)

View Item View Item