PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN DAN PENGALAMAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN

Abdul, Basyit and Bambang, Sutikno and Joes, Dwiharto (2020) PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN DAN PENGALAMAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN. Jurnal Ekonomi Manajemen dan Akuntansi, 5 (1). pp. 12-20. ISSN 2548-9380

[img] Text
44-230-1-PB.pdf

Download (247kB)

Abstract

Sumber daya yang dimiliki perusahaan tidak akan memberikan hasil yang optimal apabila tidak didukung oleh sumber daya manusianya yang mempunyai kinerja yang optimal. Usaha untuk meningkatkan kinerja karyawan diantaranya dengan memperhatikan tingkat pendidikan. Disamping itu, pengalaman kerja juga sangat di perlukan bagi karyawan untuk meningkatkan kinerja karyawan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh tingkat pendidikan dan pengalaman kerja terhadap kinerja karyawan. Populasi dan sampelnya adalah karyawan gajah jaya yang berjumlah 32 responden. Analisis data berupa uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, uji analisis regresi linier berganda, uji signifikansi parsial dan simultan serta uji koefisien determinasi. Dari hasil ujianalisis regresi linier berganda didapatkan nilai variabel tingkat pendidikan sebesar 0,320 yang berpengaruh signifikan secara parsial terhadap kinerja karyawan dan pengalan kerja sebesar 0,481 yang berpengaruh signifikan secara parsial terhadap kinerja karywan. Tingkat pendidikan dan pengalam kerja terhadap kinerja karyawan sebesar 44,8%. Untuk uji t didapat nilai tingkat pendidikan sebesar 2,891 dan pengalaman kerja sebesar 4,315 dengan signifikansi < 0,05. Untuk nilai uji F sebesar 11,782. Dari hasil di atas dapat disimpulkan bahwa tingkat pendidikan dan pengalman kerja berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan secara parsial maupun simultan.

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Doctor Joes Dwiharto Dwiharto
Date Deposited: 30 Sep 2020 05:25
Last Modified: 30 Sep 2020 05:25
URI: http://repository.unmerpas.ac.id/id/eprint/44

Actions (login required)

View Item View Item