Aulia, Dinda Nur (2024) Pengaruh citra merek dan harga terhadap keputusan pembelian Pocari Sweat di Kota Pasuruan. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Merdeka Pasuruan.
Text
COVER.pdf Download (503kB) |
|
Text
BAB-I.pdf Download (519kB) |
|
Text
BAB-II.pdf Restricted to Repository staff only Download (281kB) |
|
Text
BAB-III.pdf Restricted to Repository staff only Download (314kB) |
|
Text
BAB-IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
BAB-V.pdf Restricted to Repository staff only Download (244kB) |
|
Text
DAFTAR-PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (268kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (926kB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh citra merek dan harga terhadap keputusan pembelian Pocari Sweat di Kota Pasuruan. Terdapat permasalahan pada Pocari Sweat, meskipun memenangkan Top Brand Award pada tahun 2024 namun masih terjadi penurunan dari tahun-tahun sebelumnya. Tidak hanya pada citra merek, Pocari Sweat juga mengalami permasalahan pada harga jual yang lebih tinggi dibandingkan dengan merek lain, hal ini dapat mempengaruhi keputusan pembelian konsumen yang mungkin akan beralih ke merek yang lebih terjangkau namun memberikan manfaat yang sebanding. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi yang digunakan adalah konsumen Pocari Sweat di Kota Pasuruan. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik accidental sampling yang termasuk dalam jenis nonprobability sampling dengan jumlah sampel sebanyak 96 responden. Analisis yang digunakan adalah uji instrumen penelitian berupa uji validitas dan uji reliabilitas, analisis deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, uji hipotesis, dan uji koefisien determinan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel citra merek secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian Pocari Sweat di Kota Pasuruan, ini berarti citra merek berperan sangat penting terhadap keputusan pembelian. Dan untuk variabel harga secara parsial tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian Pocari Sweat, ini berarti harga bukanlah faktor penting dalam pengambilan keputusan pembelian. Hal tersebut dikarenakan harga dari Pocari sweat menurut konsumen dari sisi daya saing harga sebenarnya produk pocari sweat sudah sesuai standart konsumen. Koefisien determinan (R2) memperoleh nilai sebesar 0,811, yang menunjukkan bahwa pengaruh citra merek dan harga dapat mempengaruhi keputusan pembelian sebesar 81,1%. Sedangkan variabel lain diluar cakupan penelitian sebesar 18,9%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Citra Merek, Harga, Keputusan Pembelian |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Manajemen |
Depositing User: | Perpustakaan Unmer Pasuruan |
Date Deposited: | 30 Jul 2024 05:54 |
Last Modified: | 30 Jul 2024 05:54 |
URI: | http://repository.unmerpas.ac.id/id/eprint/606 |
Actions (login required)
View Item |