Pengembangan media pembelajaran berbasis game edukasi aksara jawa murda menggunakan algoritma fisher yates shuffle untuk smp kelas vii

Maulana, Fery (2025) Pengembangan media pembelajaran berbasis game edukasi aksara jawa murda menggunakan algoritma fisher yates shuffle untuk smp kelas vii. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Merdeka Pasuruan.

[img] Text
COVER.pdf

Download (697kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (219kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (530kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (428kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (682kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (210kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (181kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (272kB)

Abstract

Pengembangan media pembelajaran berbasis game edukasi semakin dibutuhkan untuk mendukung proses pembelajaran yang interaktif dan menarik, khususnya dalam mata pelajaran Bahasa Jawa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan game edukasi aksara Jawa Murda untuk siswa kelas VII SMP dengan menggunakan algoritma Fisher-Yates Shuffle. Algoritma ini digunakan untuk mengacak soal, sehingga memberikan pengalaman bermain yang dinamis dan tidak monoton. Game yang dikembangkan berbentuk permainan petualangan dengan lima level, di mana setiap level menyajikan soal pilihan ganda terkait aksara Jawa Murda. Setelah menyelesaikan lima level, pemain akan kembali ke menu utama, dan set soal kedua akan ditampilkan pada sesi permainan berikutnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa game ini efektif meningkatkan minat belajar siswa terhadap materi aksara Jawa Murda. Dalam uji coba, game ini diuji pada 31 siswa kelas VII SMP yang memainkan game dan mengisi kuisioner evaluasi. Metode yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif, di mana hasil yang diperoleh dari kuisioner adalah 100% responden merasa game ini membantu mereka mengenal dan mempelajari aksara Jawa Murda, serta menyatakan bahwa materi disajikan dengan menarik dan mudah dipahami. Sebanyak 51,6% responden menilai pengacakan soal membuat game lebih variatif, sementara 48,4% lainnya kurang merasakan manfaatnya. Selain itu, 90,3% responden xi menganggap game ini lebih efektif dibandingkan metode pembelajaran tradisional. Terakhir, 100% responden sepakat bahwa game ini telah memenuhi tujuannya sebagai media pembelajaran yang interaktif dan menghibur. Dengan adanya media pembelajaran berbasis game ini, diharapkan siswa dapat belajar aksara Jawa Murda dengan lebih menyenangkan dan efisien.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran, game edukasi, aksara Jawa Murda, FisherYates Shuffle, siswa SMP
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Informasi > Informatika
Depositing User: Perpustakaan Unmer Pasuruan
Date Deposited: 08 Nov 2025 03:47
Last Modified: 08 Nov 2025 03:47
URI: http://repository.unmerpas.ac.id/id/eprint/904

Actions (login required)

View Item View Item