Pengaruh metode pembelajaran dan figur pengurus pondok terhadap kepuasan santri pondok pesantren ma’had ta’limil qur’an Kota Pasuruan

Maridah, Farchatul (2024) Pengaruh metode pembelajaran dan figur pengurus pondok terhadap kepuasan santri pondok pesantren ma’had ta’limil qur’an Kota Pasuruan. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Merdeka Pasuruan.

[img] Text
COVER.pdf

Download (588kB)
[img] Text
BAB-I.pdf

Download (212kB)
[img] Text
BAB-II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (258kB)
[img] Text
BAB-III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (230kB)
[img] Text
BAB-IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (503kB)
[img] Text
BAB-V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (121kB)
[img] Text
DAFTAR-PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (193kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (691kB)

Abstract

Permasalahan pada ponpes Ma’had Ta’limil Qur’an yaitu metode pembelajaran yang terlalu keras dan tidak ada target kelulusan menyebabkan beberapa santri malas menghafal. Kurangnya rasa segan beberapa santri pada pengurus pondok karena usia para pengurus yang masih sebaya, sehingga menimbulkan kurangnya rasa segan terhadap pengurus pondok, hal ini menjadi tantangan para pengurus untuk mendidik santri, dan dalam hal kepuasan santri perlu penanganan yang lebih. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran dan figur pengurus terhadap kepuasan santri pondok pesantren Ma’had Ta’limil Qur’an Kota Pasuruan. Metode penelitian yang digunakan kuantitatif. Analisis yang digunakan Uji Instrumen, Uji Asumsi Klasik, Regersi Linear Berganda, Koefisien Determinan (R2), dan Uji Hipotesis. Populasi yang digunakan yaitu seluruh santri ponpes Ma’had Ta’limil Qur’an Kota Pasuruan tahun 2023/2024 yang berjumlah 62 santri. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan jenis pengambilan sampel non probability sampling dengan teknik sensus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) metode pembelajaran yang efektif dan inovativ dan figur pengurus pondok yang positif berpengaruh signifikan terhadap kepuasan santri di pondok pesantren Ma’had Ta’limil Qur’an. 2) Metode pembelajaran berperan penting dalam menentukan kepuasan santri terhadap pengalaman belajar di pondok pesantren Ma’had Ta’limil Qur’an. 3) Figur pengurus pondok, termasuk sikap, kepemimpinan, dan dukungan, berdampak signifikan terhadap kepuasan santri terhadap lingkungan dan pengalaman belajar di pondok pesantren Ma’had Ta’limil Qur’an.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran, Figur Pengurus Pondok, Kepuasan Santri
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Perpustakaan Unmer Pasuruan
Date Deposited: 29 Jul 2024 02:28
Last Modified: 29 Jul 2024 02:28
URI: http://repository.unmerpas.ac.id/id/eprint/602

Actions (login required)

View Item View Item