Maridah, Farchatul (2024) Pengaruh metode pembelajaran dan figur pengurus pondok terhadap kepuasan santri pondok pesantren ma’had ta’limil qur’an Kota Pasuruan. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Merdeka Pasuruan.
Text
COVER.pdf Download (588kB) |
|
Text
BAB-I.pdf Download (212kB) |
|
Text
BAB-II.pdf Restricted to Repository staff only Download (258kB) |
|
Text
BAB-III.pdf Restricted to Repository staff only Download (230kB) |
|
Text
BAB-IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (503kB) |
|
Text
BAB-V.pdf Restricted to Repository staff only Download (121kB) |
|
Text
DAFTAR-PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (193kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (691kB) |
Abstract
Permasalahan pada ponpes Ma’had Ta’limil Qur’an yaitu metode pembelajaran yang terlalu keras dan tidak ada target kelulusan menyebabkan beberapa santri malas menghafal. Kurangnya rasa segan beberapa santri pada pengurus pondok karena usia para pengurus yang masih sebaya, sehingga menimbulkan kurangnya rasa segan terhadap pengurus pondok, hal ini menjadi tantangan para pengurus untuk mendidik santri, dan dalam hal kepuasan santri perlu penanganan yang lebih. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran dan figur pengurus terhadap kepuasan santri pondok pesantren Ma’had Ta’limil Qur’an Kota Pasuruan. Metode penelitian yang digunakan kuantitatif. Analisis yang digunakan Uji Instrumen, Uji Asumsi Klasik, Regersi Linear Berganda, Koefisien Determinan (R2), dan Uji Hipotesis. Populasi yang digunakan yaitu seluruh santri ponpes Ma’had Ta’limil Qur’an Kota Pasuruan tahun 2023/2024 yang berjumlah 62 santri. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan jenis pengambilan sampel non probability sampling dengan teknik sensus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) metode pembelajaran yang efektif dan inovativ dan figur pengurus pondok yang positif berpengaruh signifikan terhadap kepuasan santri di pondok pesantren Ma’had Ta’limil Qur’an. 2) Metode pembelajaran berperan penting dalam menentukan kepuasan santri terhadap pengalaman belajar di pondok pesantren Ma’had Ta’limil Qur’an. 3) Figur pengurus pondok, termasuk sikap, kepemimpinan, dan dukungan, berdampak signifikan terhadap kepuasan santri terhadap lingkungan dan pengalaman belajar di pondok pesantren Ma’had Ta’limil Qur’an.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Pembelajaran, Figur Pengurus Pondok, Kepuasan Santri |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Manajemen |
Depositing User: | Perpustakaan Unmer Pasuruan |
Date Deposited: | 29 Jul 2024 02:28 |
Last Modified: | 29 Jul 2024 02:28 |
URI: | http://repository.unmerpas.ac.id/id/eprint/602 |
Actions (login required)
View Item |