Ramadanti, Fitria A'yunina (2024) Perlindungan hukum bagi pengemudi kendaraan bermotor berbasis aplikasi atas terjadinya kecelakaan kerja. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Merdeka Pasuruan.
Text
Cover.pdf Download (983kB) |
|
Text
BAB-I.pdf Download (287kB) |
|
Text
BAB-II.pdf Restricted to Repository staff only Download (240kB) |
|
Text
BAB-III.pdf Restricted to Repository staff only Download (366kB) |
|
Text
BAB-IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (450kB) |
|
Text
BAB-V.pdf Restricted to Repository staff only Download (96kB) |
|
Text
4.-Daftar-Pustaka.pdf Restricted to Repository staff only Download (236kB) |
|
Text
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (982kB) |
Abstract
Permasalahan lalu lintas merupakan permasalahan yang tidak hanya dihadapi oleh negara-negara maju, namun juga negara-negara berkembang seperti Indonesia. Kementerian Perhubungan Republik Indonesia mengumumkan jumlah kecelakaan lalu lintas di Indonesia akan mencapai 103.645 pada tahun 2021. 73% kecelakaan lalu lintas yang disebabkan oleh motor 30% adalah kecelakaan kerja dan sisanya adalah rata-rata disebabkan oleh pengemudi di bawah umur. Permasalahan lalu lintas yang biasa terjadi, yaitu kecelakaan lalu lintas di jalan raya menjadi bagian hukum pidana jika kecelakaan itu menimbulkan kerugian bagi orang lain, misalnya menimbulkan luka, kerusakan kendaraan hingga yang menyebabkan kematian. Kecelakaan lalu lintas yang disebabkan oleh perilaku korban sendiri atau pihak ketiga dapat dibebaskan dari tanggung jawab. Berdasarkan hal tersebut, adapun rumusan masalah yang diambil yaitu bagaimana bentuk perlindungan hukum bagi pengemudi kendaraan bermotor berbasis aplikasi atas terjadinya kecelakaan kerja ditinjau dari Pasal 234 Ayat (3) Huruf b UU LLAJ dan bagaimana analisa yuridis terhadap tanggung jawab penyedia jasa atas terjadinya kecelakaan kerja? Adapun tujuan yang hendak dicapai adalah untuk mengetahui bentuk perlindungan hukum bagi pengemudi kendaraan bermotor berbasis aplikasi atas terjadinya kecelakaan kerja ditinjau dari Pasal 234 Ayat (3) Huruf b UU LLAJ dan mengetahui analisa yuridis terhadap tanggung jawab penyedia jasa atas terjadinya kecelakaan kerja. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa bentuk perlindungan hukum bagi pengemudi kendaraan bermotor berbasis aplikasi atas terjadinya kecelakaan kerja ditinjau dari Pasal 234 Ayat (3) huruf b UU LLAJ yaitu pengemudi tidak dapat dikenakan pertanggungjawaban atas terjadinya kecelakaan tersebut, karena dalam Pasal 234 Ayat (3) huruf b ini menjelaskan pengecualian dari pertanggungjawaban yaitu kecelakaan yang disebabkan karena kelalaian korban sendiri dan/atau pihak ketiga, dan pihak perusahaan penyedia jasa layanan transportasi online tidak dapat dikenakan tuntutan pertanggungjawaban maupun tuntutan ganti kerugian atas terjadinya kecelakaan tersebut karena pihak perusahaan dan pengemudinya hanya sebatas hubungan kemitraan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kecelakaan, Lalu Lintas, Tanggung Jawab. |
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Divisions: | Fakultas Hukum > School of Law |
Depositing User: | Perpustakaan Unmer Pasuruan |
Date Deposited: | 03 Dec 2024 01:41 |
Last Modified: | 03 Dec 2024 01:41 |
URI: | http://repository.unmerpas.ac.id/id/eprint/730 |
Actions (login required)
View Item |