Analisis motivasi dan preferensi terhadap keputusan pembelian di minimarket melalui kelompok usia konsumen lintas generasi di Kota Pasuruan

Habibi, Baharudin Yusuf (2025) Analisis motivasi dan preferensi terhadap keputusan pembelian di minimarket melalui kelompok usia konsumen lintas generasi di Kota Pasuruan. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Merdeka Pasuruan.

[img] Text
COVER.pdf

Download (667kB)
[img] Text
BAB-I.pdf

Download (196kB)
[img] Text
BAB-II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (282kB)
[img] Text
BAB-III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (339kB)
[img] Text
BAB-IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB-V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (46kB)
[img] Text
DAFTAR-PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (187kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (594kB)

Abstract

Peradaban modern telah membawa perubahan dalam perilaku konsumen dan sektor usaha, termasuk transisi dari pasar tradisional ke pasar modern yang menawarkan pengalaman berbelanja lebih beragam dan kemudahan bagi konsumen di berbagai kelompok usia. Aktivitas berbelanja, baik secara legular maupun nonregular sesekali, dipengaruhi oleh motivasi dan preferensi konsumen, yang menjadi salah satu faktor dalam keputusan pembelian pada kelompok usia konsumen lintas generasi. Penelitian ini menganalisis hubungan antara motivasi berbelanja dan preferensi konsumen terhadap keputusan pembelian, dengan kelompok usia konsumen sebagai variabel intervening, di minimarket Kota Pasuruan. Sampel diambil menggunakan metode simple random sampling dengan 280 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelompok usia konsumen secara signifikan mengintervening hubungan motivasi berbelanja dan preferensi konsumen terhadap keputusan pembelian. Selain itu, motivasi berbelanja dan preferensi konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, dengan nilai signifikan uji F sebesar 0.000 (<0.05). Kontribusi kedua variabel terhadap keputusan pembelian berdasarkan R Square sebesar 83.3%, sementara sisanya 16.7% dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: motivasi berbelanja, preferensi konsumen, keputusan pembelian, kelompok usia konsumen
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Perpustakaan Unmer Pasuruan
Date Deposited: 06 Feb 2025 04:01
Last Modified: 06 Feb 2025 04:01
URI: http://repository.unmerpas.ac.id/id/eprint/754

Actions (login required)

View Item View Item