Pengaruh kesadaran merek, legalitas produk dan kualitas produk terhadap minat beli pada sentra umkm makanan dan minuman di Kota Pasuruan

Huda, Ahmad Misbakhul (2025) Pengaruh kesadaran merek, legalitas produk dan kualitas produk terhadap minat beli pada sentra umkm makanan dan minuman di Kota Pasuruan. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Merdeka Pasuruan.

[img] Text
COVER.pdf

Download (487kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (231kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (421kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (499kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (745kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (209kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (222kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

UMKM di sektor makanan dan minuman berperan penting dalam pertumbuhan ekonomi nasional, penciptaan lapangan kerja, dan pengurangan pengangguran. Namun, UMKM ini sering menghadapi tantangan seperti rendahnya kesadaran merek, legalitas, dan kualitas produk yang memengaruhi minat beli konsumen. Penelitian di Kota Pasuruan menyoroti pentingnya strategi pemasaran dan peningkatan kualitas agar UMKM mampu bersaing di pasar yang semakin kompetitif. Populasi dari penelitian ini yaitu seluruh pelaku atau penjual makanan dan minuman di sentra UMKM Kota dengan sampel sebesar 98 orang. Tujuan dari penelitan ini adalah untuk mengetahui pengaruh kesadaran merek, legalitas produk dan kualitas produk terhadap minat beli. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara bersama-sama kesadaran merek, legalitas produk dan kualitas produk memberikan pengaruh yang signifikan pada taraf nyata 5%. Secara parsial kesadaran merek memberikan pengaruh yang signifikan terhadap minat beli pada sentra UMKM makanan dan minuman di Kota Pasuruan dengan kontribusi sebesar 60,5%. Untuk variabel legalitas produk memberikan kontribusi sebesar 8,89% dan variabel kualitas produk memberikan kontribusi sebesar -37,7%. Dan didapatkan nilai R Square sebesar 31,6%. Kesadaran Merek, legalitas produk dan kualitas produk bepengaruh secara simultan terhadap minat beli dengan nilai Fhitung 14,560 dan nilai Ftabel sebesar 3,093 serta signifikansi 0,000<0,05 menunnjukkan bahwa H1 di terima. Sedangkan untuk uji parsial (ujit) di dapatkan nilai signifikansi sebesar 0,000<0,05 dengan kesimpulan H5 diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kesadaran Merek,Legalitas Produk,Kualitas produk dan Minat Beli
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Perpustakaan Unmer Pasuruan
Date Deposited: 13 Aug 2025 01:36
Last Modified: 13 Aug 2025 01:36
URI: http://repository.unmerpas.ac.id/id/eprint/828

Actions (login required)

View Item View Item